Minggu, September 26, 2021
Beranda Teknik Jenis-Jenis Pukulan Tenis Meja

Jenis-Jenis Pukulan Tenis Meja

Agar permainan baik dan tidak asal-asalan, pemain harus menguasai teknik dasar secara keseluruhan. Mulai bagaimana teknik servis, teknik blocking, sampai berbagai jenis pukulan. Semua itu harus dikuasai karena itu adalah suatu kesatuan yang utuh dalam bermain tenis meja.

Berikut adalah jenis-jenis pukulan tenis meja yang perlu dikuasai:

  1. Pukulan drive
  2. Pukulan push (dorongan)
  3. Pukulan chop
  4. Block
  5. Smash
  6. Flick
  7. Loop.

Setelah mengetahui teknik dasar yang benar, diharapkan pemain dapat bermain dengan baik dan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam bermain tenis meja.

Selain itu, pemain diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan teknik dan pola yang sudah ada. Dengan latihan yang rutin dan berulang-ulang, pemain dapat meningkatkan teknik sehingga lebih sempurna dalam bermain tenis meja.

Jenis-Jenis Pukulan (Stroke) Tenis Meja

Banyak jenis pukulan dalam tenis meja yang harus diketahui dalam bermain tenis meja, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pukulan Servis

Pemain tenis meja tunggal melakukan servis

Jenis pukulan ini merupakan jenis pukulan untuk memulai pertandingan atau di sebut bola pertama dan pukulan ini di lakukan dengan memukul atau mengarahkan bola ke arah meja terlebih dahulu.

2. Drop Shot

Dropshot tenis meja
Cara melakukan dropshot.

Drop shot merupakan suatu jenis pukulan yang mana jenis pukulan ini bertujuan untuk mengarahkan bola sedekat mungkin dengan net dan lawan kita dalam posisi jauh di belakang meja.

3. Pukulan Drive

Pukulan loop drive tenis meja
Cara melakukan pukulan loop drive

Drive merupakan pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan keras (Sutarmin, 2007: 36). Tipe pukulan ini keras dan cepat.

Cara melakukan forehand drive pertama gerakkan bet ke arah depan. Gerakan ini diikuti dengan perputaran badan ke arah depan kira-kira tiga puluh derajat.

Kesalahan dan cara mengatasi dalam melakukan pukulan forehand drive adalah terjadi perubahan pada posisi bet akibat bergeraknya pergelangan tangan hal ini menyulitkan saat kontak dengan bola.

Kuatkan pergelangan tangan saat sikap permulaan, sehingga bet tidak akan mudah berubah posisi. Kedua adalah pukulan backhand drive.

Cara melakukannya, pertama siku membentuk sudut sembilan puluh derajat. Pergerakan bet diikuti oleh gerak memutar badan. Usahakan kontak dengan bola saat bet berada di depan badan agak kiri.

Kesalahan yang sering terjadi dalam pukulan drive dan cara mengatasinya adalah gerakan kaki. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan memperbanyak latihan backhand.

4. Push (Dorongan)

Push tenis meja
Teknik push

Push adalah pukulan backspin pasif yang dilakukan untuk menghadapi backspin (Larry Hodges, 2002: 264). Pukulan ini dapat menjaga agar bola tidak melambung terlalu tinggi dari net.

Untuk melakukan pukulan forehand push, perhatikan agar posisi bet sedikit terbuka gerakan bet ke depan dan sedikit ke bawah. Usahakan bola mengenai bet bagian tengah.

Yang kedua adalah cara melakukan backhand push, perkenaan bolanya sama dengan forehand push bedanya ini menggunakan backhand.

Usahakan kontak bola hanya terjadi gesekan tetapi kuat, sehingga menghasilkan bola backspin yang sempurna. Usahakan perkenaan bola di kiri mendekati bagian depan tubuh

5. Pukulan Chop

Chop Tenis Meja
Cara melakukan Chop

Chop merupakan pukulan backspin yang bersifat bertahan (Larry Hodges,2002:99). Persiapan dalam melakukan pukulan forehand chop sama untuk melakukan pukulan forehand tapi posisi bet agak terbuka.

  1. Gerakkan bet ke depan condong ke bawah.
  2. Usahakan kontak dengan bola terjadi di depan kanan badan.
  3. Perkenaan bola pada sisi bet depan agak bawah dan perkenaan pada bola pada sisi bawah bola. Sedangkan untuk backhand chop posisi awal sama dengan backhand tetapi posisi bet terbuka atau sisi depan condong ke atas.
  4. Usahakan kontak bola pada bagian sisi bawah bet depan dengan sisi bawah bola.
  5. Usahakan perkenaan bola di kiri agak depan tubuh.

6. Block

Block Tenis Meja
teamusa.org

Block adalah cara paling sederhana untuk mengembalikan pukulan yang keras. Block dilakukan setelah bola memantul dari meja.

Hal ini dilakukan untuk membuat lawan tidak dapat melancarkan serangan dengan cepat, karena bola yang di block akan kembali dengan cepat.

Cara melakukan forehand block:

  1. Gerakkan bet ke depan dengan posisi bet tertutup (sisi depan bet menghadap ke bawah).
  2. Perhatikan arah datangnya bola, segera lakukan block setelah bola memantul dari meja, perkenaan bola dengan bet tepat pada tengah bet.

Sedangkan untuk backhand block, bet berada di sebelah kiri tubuh. Gerakkan bet ke depan jika ingin melakukan blocking, posisi bet tertutup (sisi depan bet menghadap ke bawah).

Perhatikan arah datangnya bola, segera lakukan block setelah bola memantul dari meja, perkenan bola dengan bet tepat pada tengah bet.

7. Pukulan Spin

Pukulan Spin Tenis Meja
tabletennis11.com

Dalam memukul bet biasanya posisinya sedikit dimiringkan. Pukulan ini menjadi salah satu serangan selain pukulan smash.

Ada tiga jenis pukulan spin, yaitu:

  • Topspin,
  • Backspin, dan
  • Sidespin.

8. Pukulan Lob

Pukulan Lob Tenis Meja
sweatband.com

Pukulan lob adalah teknik memukul bola lambung ke arah lawan yang dilakukan agar lawan sulit mengembalikan bola ke arah pertahanan.

9. Pukulan Smash

Pukulan Smash Tenis meja
pingpoolshark.com

Teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan.

10. Pukulan Flick

Pukulan Flick Tenis Meja

Menurut Larry Hodges (1993: 64), pukulan flick adalah pengembalian bola pendek yang agresif, pukulan ini dilakukan bila bola tersebut akan memantul dua kali di sisi meja bila dibiarkan.

Sedangkan Akhmad Damiri dan Nurlan Kusnaedi (1991: 59-109) menyatakan bahwa pukulan flick digunakan untuk mengembalikan bola yang ditempatkan dekat dengan net dengan pukulan serangan

11. Counter Hitting

Counter Hitting Tenis Meja
hindustantimes.com

Counter hitting merupakan teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan bola dalam sikap bet yang tertutup. Pukulan blok biasanya digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive

Counter hitting termasuk teknik pukulan di mana para pemain harus cermat saat melakukannya. Hal tersebut karena pemain hanya memiliki waktu sedikit untuk menyambut pukulan berikutnya yang akan datang.

Oleh sebab itu para pemain harus memperhitungkan waktu yang tepat agar saat melakukan counter hitting, ia bisa dengan sigap kembali ke posisi untuk melakukan pukulan kembali.

Gerakan counter hitting bisa dilakukan dengan cara forehand, yaitu posisi tubuh pemain sedikit menyamping, sementara bet pada posisi siap untuk memukul. Sementara backhand, yaitu posisi square dengan lutut bengkok, serta memegang bet tepat di depan badan.

WAJIB BACA