Sabtu, Juni 12, 2021
Beranda Teknik Cara Melakukan Pukulan Servis dalam Tenis Meja

Cara Melakukan Pukulan Servis dalam Tenis Meja

Servis adalah memukul bola untuk menyajikan bola pertama. Ada beberapa teknik cara melakukan pukulan servis dalam permainan tenis meja, yaitu:

  1. Servis forehand
  2. Servis backhand
  3. Servis forehand topspin,
  4. Servis backhand topspin,
  5. Servis forehand backspin,
  6. Servis backhand backspin.

Topspin merupakan arah putaran bola (di mana bola berputar searah jarum jam). Backspin merupakan arah putaran bola juga (bola berputar berlawanan jarum jam).

Jenis-Jenis Servis Tenis Meja

Simak teknik cara melakukan jenis-jenis servis dalam permainan tenis meja di bawah ini.

Teknik Servis Forehand

Untuk melakukan teknik servis forehend, sebaiknya perhatikan tips berikut ini:

  1. Badan dalam posisi tegap, dengan kedua kaki selebar bahu dan lutut dalam posisi ditekuk.
  2. Tangan kiri memegang bola tenis dengan telapak yang terbuka, dan tangan kanan memegang bet untuk memukul dengan arah lurus ke depan.
  3. Jika sudah siap, lambungkan bola ke atas, lalu ayunkan bet saat bola sudah berada lurus dengan permukaan bola.

Meskipun terbilang cukup simpel, namun masih saja ada yang melakukan kesalahan saat melakukan servis forehand. Saat melakukan servis forehand dalam permainan tenis meja posisi bet yang tepat yaitu lurus ke depan.

Kesalahan servis forehand di antaranya posisi badan yang terlalu kaku, cara memegang karet bet tenis meja yang keliru, sentuhan bat yang tidak akurat, posisi kaki yang tidak seimbang, dan lambungan bola yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi.

Teknik Servis Backhand

Cara untuk melakukan servis backhand terbilang simpel, namun Anda tidak bisa sembarangan dalam melakukannya.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan pukulan servis backhand:

  1. Berdiri tegap menghadap ke arah lawan, sementara posisi kaki kanan lebih condong ke depan.
  2. Pastikan tangan kanan dalam posisi menyilang di samping badan saat memegang bet. Sementara itu, posisi siku ditekuk, dan punggung lengan bagian luarnya diposisikan mengarah ke depan.
  3. Tangan kiri diposisikan memegang bola dengan arah sejajar dengan dada.
  4. Jika sudah siap, ayunkan bet ke arah depan, sehingga bola bisa memantul dan menyeberangi net dengan sempurna.

Setelah mengetahui langkah-langkah di atas, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan seperti memposisikan badan secara kaku, memegang bet dengan cara yang salah, proses melambungkan bola yang tidak pas, posisi kaki yang kurang seimbang, dan pukulan bet yang tidak tepat.

Selain teknik pukulan servis tenis meja yang disebutkan di atas, ada beberapa gerakan yang perlu diperhatikan saat bermain tenis meja. Gerakan yang satu ini sangat penting agar proses melakukan servis, baik servis forehand maupun backhand bisa berjalan dengan baik.

Adapun gerakan-gerakan yang harus diperhatikan, yaitu pandangan yang fokus, proses lemparan bola ke atas, ayunan tangan saat memukul bola menggunakan bet, proses perkenaan bola dengan bet, dan gerakan lanjut atau akhir.

Servis Forehand Topspin

  1. Untuk melakukan forehand topspin pemain berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan.
  2. Tangan kanan memegang bet berada di kanan badan dengan siku ditekuk sebesar sembilan puluh derajat.
  3. Telapak tangan kiri memegang bola.
  4. Bola dilambungkan setinggi enam belas sentimeter, kemudian dipukul dengan bet.
  5. Usahakan pantulan bola tidak begitu tinggi dari net.

Servis Backhand Topspin

  1. Untuk melakukan backhand topspin, pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan.
  2. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri.
  3. Telapak tangan kiri memegang bola.
  4. Lambungkan bola setinggi enam belas sentimeter, pukul dengan bet.
  5. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net, sehingga pantulan bola di meja Lawan tidak begitu tinggi.

Servis Backhand Backspin

  1. Untuk melakukan backhand backspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan.
  2. Tangan kanan memegang bet dengan mendekatkannya ke pinggang sebelah kiri.
  3. Telapak tangan kiri memegang bola.
  4. Lambungkan bola setinggi enam belas sentimeter, pukul dengan bet.
  5. Untuk melakukan pukulan ini, cukup menggesek bagian belakang bola dengan bagian bawah bet.
  6. Gerakkan bet ke depan condong turun ke bawah.
  7. Usahakan bola tidak begitu tinggi dari net, sehingga pantulan bola di meja |awan tidak begitu tinggi.

Servis bisa digunakan sebagai awal serangan kita dalam olahraga tenis meja, terkadang servis juga bisa menghasilkan poin untuk kita.

Tips Latihan Servis Tenis Meja

Untuk melakukan servis yang baik dan benar, ada beberapa tips latihan yang bisa kita lakukan, seperti:

Tips Servis (1)

Saat ini kita akan membahas mengenai cara bagaimana menempatkan servis yang baik. Untuk memudahkan menempatkan servis yang baik, maka dapat menggunakan alat bantu berupa lingkaran hulahoop, dengan cara menyimpannya di tengah-tengah meja.

Lakukan servis tanpa menyentuh atau memasuki lingkaran, arahkan servis ke kiri dan ke kanan, usahakan servis sependek dan secepat mungkin.

Variasi servis dapat kita ubah-ubah dengan menggunakan backspin (chop), side spin (putaran samping), ataupun side back spin (putaran samping dengan chop). Untuk lebih memaksimalkan latihan gunakan bola banyak.

Tips Servis (2)

Servis yang kita gunakan dapat berupa servis pendek maupun panjang. Kali ini akan dibahas mengenai servis panjang.

Syarat menggunakan servis panjang adalah servis yang dihasilkan berupa servis di ujung meja dengan kecepatan tinggi, sehingga membuat lawan kaget dan merasa kesulitan.

Servis panjang tidak akan efektif jika servis yang dihasilkan panjangnya tanggung, kecepatannya rendah, serta bolanya tinggi. Dengan servis seperti itu akan memudahkan lawan melakukan serangan.

Untuk memudahkan kita melakukan latihan servis panjang maka diperlukan beberapa alat bantu berupa tali dan wadah minum plastik. Peralatan ini mudah didapat dan dicari di sekitar kita.

Caranya tali dilintangkan di tengah tengah meja, hal ini agar servis yang dihasilkan tidak memasuki daerah sebelah dalam tali. Kemudian wadah minum plastik disimpan di ujung meja.

Letak dari wadah tersebut diatur sedemikian rupa, disesuaikan dengan keinginan kita, kemana arah bola yang akan kita tuju.

Ketika melakukan servis, gunakan kecepatan pergelangan tangan untuk menambah kecepatan bola. Jatuhkan bola di daerah lawan sebelah luar tali yang melintang dan kenakan bola pada wadah plastik tersebut.

Lakukan latihan dengan berulang-ulang dengan menggunakan bola banyak. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar.

Tips Servis (3)

Salah satu servis yang mematikan adalah dengan menggunakan servis menyamping dengan chop, servis ini dilakukan dengan cara memukul bola secara menyamping dengan menggunakan chop.

Saat bola dipukul, usahakan mengenai ujung bet dengan menggunakan kekuatan pergelangan tangan untuk menggesek bola. Untuk mempercepat penguasaan teknik ini, dapat menggunakan botol di tengah lapangan.

Bola yang diservis diarahkan agar memutar botol yang berada di tengah dan kembali ke arah yang melakukan servis. Jika bola memutar botol tersebut, berarti kita telah melakukan dengan baik servis tersebut.

Tips Servis (4)

Ketinggian merupakan hal yang utama ketika kita melakukan servis. Ketika kita melakukan servis, terutama servis yang pendek, maka ketinggian servis sangatlah menentukan.

Jika servis yang diberikan terlampau tinggi, maka dengan mudah lawan akan melakukan serangan balasan dengan menggunakan flip/flick. Hal ini akan menyulitkan kita pada permainan selanjutnya, atau bahkan mematikan permainan kita.

Untuk itu, ketika kita melakukan servis diperlukan ketinggian yang seminimal mungkin agar lawan kesulitan dalam menerimanya. Cara untuk mengatur ketinggian servis adalah dengan melatih teknik servis.

Caranya, yaitu dengan memberi penghalang di atas net (kira-kira setinggi jarak antara penghalang dan net, 1 sampai 2 kali tinggi net).

Dengan memberi penghalang ini maka kita dapat berlatih mengatur ketinggian servis. Bola yang diservis melewati antara penghalang dengan net. Untuk mempercepat menguasai cara servis ini, maka dapat dilakukan dengan menggunakan bola banyak.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar di bawah, bagaimana kita melakukan proses tersebut.

Tips Servis (5)

Memberikan servis yang sesuai dengan yang diharapkan, merupakan hal penting ketika dalam permainan, baik ketika sedang bermain tunggal maupun ketika bermain ganda.

Tips berikut ini adalah untuk mengatur panjang pendeknya servis yang diberikan kepada lawan.

Untuk memudahkan kita mengatur hal tersebut, maka salah satu caranya adalah mengatur penempatan bola pertama di meja sendiri ketika melakukan servis.

Alat bantu yang dipersiapkan untuk melatih pengaturan servis adalah sebuah tali yang dibentangkan di tengah-tengah meja.

  1. Untuk melatih memberikan bola panjang, maka ketika servis, bola dipantulkan di bagian belakang tali.
  2. Untuk memberikan bola pendek kepada lawan, maka bola pertama dipantulkan di seberang tali dekat net.

Tips ini untuk membantu Anda dalam melakukan servis dengan mengatur panjang pendeknya.

Kadang-kadang pemain yang sudah berpengalaman dapat melakukan servis pendek, dengan memberikan bola pertamanya tidak perlu di dekat net, melainkan di bagian belakang mejanya atau di belakang tali.

Kuncinya berlatih cara melakukan pukulan servis tenis meja sesering mungkin.

WAJIB BACA